Peran orang tua tidak hanya terbatas di rumah, tetapi juga berlanjut di lingkungan sekolah. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di sekolah memiliki dampak yang sangat besar bagi perkembangan anak. Bentuk keterlibatan ini dapat berupa partisipasi dalam kegiatan sekolah, komunikasi yang baik dengan guru, serta memberikan dukungan dan motivasi kepada anak dalam belajar. Dengan adanya sinergi antara orang tua dan pihak sekolah, diharapkan anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, baik dalam aspek akademik maupun sosial emosional.
Ustadz Marenda Darwis merupakan seorang tokoh yang dikenal karena perhatiannya terhadap pendidikan anak, menekankan pentingnya peran orang tua dalam proses tumbuh kembang anak. Menurut beliau, orang tua adalah guru pertama dan utama bagi anak-anak mereka. Oleh karena itu, Ustadz Marenda Darwis seringkali memberikan edukasi tentang bagaimana orang tua dapat menciptakan lingkungan yang positif dan suportif bagi anak-anak mereka. Beliau juga menekankan pentingnya komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak, serta memberikan perhatian yang cukup terhadap kebutuhan emosional dan psikologis anak.
SMA Negeri 1 Gurah menyadari betul bahwa pendidikan bukan hanya tanggung jawab sekolah, tetapi juga orang tua siswa. Oleh karena itu, program parenting di SMA Negeri 1 Gurah menjadi bagian penting dalam upaya menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik. Melalui kegiatan ini, orang tua siswa diajak untuk memahami peran penting mereka dalam mendukung perkembangan akademik dan karakter anak. Sekolah juga memfasilitasi komunikasi yang efektif antara orang tua dan guru, sehingga terjalin sinergi yang baik dalam membimbing siswa. Dengan demikian, SMA Negeri 1 Gurah berharap dapat membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan berakhlak mulia, berkat dukungan dari orang tua yang terlibat aktif dalam proses pendidikan.
Youtube SMAN 1 Gurah
Instagram SMAN 1 Gurah
Artikel Lainnya


Hari Pertama Masuk Sekolah Setelah Libur Lebran 1446H
